Rabu, 21 Juli 2010

COME AND JOIN US IN ..............SENAM KAKI DIABETES

KAKI DIABETIS atau diabetic foot adalah komplikasi yang paling sering terjadi pada penderita diabetes,Populasi penderita Diabetes Mellitus di Indonesia, menurut perhitungan WHO menempati urutan ke – 4 di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. Pada tahun 2000 penderita DM di Indonesia sekitar 8,4 juta dan diperkirakan pada tahun 2030 menjadi sekitar 21,3 juta penderita DM. Tetapi hanya sekitar 50% penderita yang peduli dengan penyakitnya, dan kurang dari 30% melakukan check up dan kontrol rutin penyakit yang dideritanya.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) Diabetic Foot adalah infeksi, ulserasi, dan atau kerusakan jaringan yang dalam yang berhubungan dengan abnormalitas neurologis dan bermacam – macam derajat dari penyakit vascular perifer pada ekstremitas bawah.

Tahun 2006 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, didapatkan 3830 penderita DM dan 23,6% mengalami diabetic foot baik oleh karena neuropati, makroangiopati atau campuran. Lokasi Diabetic Foot, 50% berada pada ujung jari kaki, 30-40% pada metatarsal plantar pedis, 10-15% pada dorsum kaki, 5-10% pada tumit dan 10% adalah ulkus multipel.

Etiopatogenesis terjadinya Diabetic Foot, karena glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan saraf atau neuropati diabetik, sehingga tidak dapat merasakan panas, nyeri atau dingin pada kaki dan betis. Kerusakan saraf juga dapat menyebabkan penurunan produksi keringat sehingga kulit menjadi kering. Senam kaki adalah kegiatan atau latihan yang dilakukan oleh pasien diabetes melitus untuk mencegah terjadinya luka dan membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki. (S,Sumosardjuno,1986)

Senam kaki dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan memperkuat otot-otot kecil kaki dan mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki. Selain itu dapat meningkatkan kekuatan otot betis, otot paha, dan juga mengatasi keterbatasan pergerakan sendi.

Puskesmas Kedopok sebagai unit Persadia Kota Probolinggo bekerjasama dengan berbagai pihak swasta mengadakan senam kaki diabetes massal diikuti oleh 250 penderita diabetes,pemeriksaan glukosa darah gratis,games interaktif dan education...SO COME and join us pada tanggal 5 Agustus 2010 pk.07.00 di puskesmas Kedopok jl.mastrip 18,probolinggo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar